Latihan Soal PAS PAI Kelas 12 Tahun 2023/2024 Semester 1 ONLINE
Latihan Soal PAS PAI Kelas 12 Tahun 2023 Semester 1 ini dibagikan secara gratis oleh Central Pendidikan kepada siswa jurusan IPS peminatan ONLINE dan PDF sebagai contoh pembelajaran dari naskah asli yang diujikan mendatang.
Diperkirakan penyelenggaraan ujian tersebut di waktu akhir tahun 2023 yaitu antara bulan nopember dan desember. Materi PAI (Pendidikan Agama Islam) kelas 12 dirangkum dalam 1 lembar kisi - kisi terbitan guru pembelajaran dan disesuaikan sesuai Kurikulum 2013 revisi.
Latihan Soal PAS PAI Kelas 12 Tahun 2023/2024 Semester 1 ONLINE
Berikut ini adalah Latihan Soal PAS PAI Kelas 12 Tahun 2023/2024 Semester 1 ONLINE, Selamat mengerjakan..
1. Surah dan ayat yang menerangkan tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT. bagi orang yang berakal adalah Q.S ....
b. Ali-Imran ayat 190
c. Ali-Imran ayat 193
d. Ali-Imran ayat 180
e. Ali-Imran ayat 181
2. Dalam kitab “Shofwah at-Tafasir” menurut Syeikh Ali As-Shabuni, bahwa yang di maksud dengan berzikir kepada Allah SWT . dalam Q.S. Ali-Imran ayat 191 adalah zikir secara ....
a. lisan
b. sembunyi-sembunyi
c. terang-terangan
d. lisan dan hati
e. hati
3. Yang di maksud dengan “tafakkur” adalah ....
a. memperlihatkan
b. memantau
c. memikirkan
d. menjalani
e. membaca
4. الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ ...
Lanjutan ayat di atas adalah ....
a. وَيَنْظُرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
b. وَتَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
c. وَيَحْفَظُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
d. وَيَتَعَلَّمُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
e. وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
5. غَلِيظَ الْقَلْبِ potongan ayat tersebut memiliki arti ....
a. berhati keras
b. berhati lembut
c. berhati mulia
d. berhati kasar
e. berbaik hati
6. Dajjal adalah keturunan ... yang memiliki mata buta sebelah kanan karena efek dari dukhan dan memiliki kekuatan jin dan manusia serta di atas matanya tertulis kafir.
a. jin
b. anak adam
c. iblis
d. setan
e. malaikat
7. Setelah manusia dibangkitkan, kemudian manusia digiring menuju satu tempat yang bernama ....
a. malakut
b. marwah
c. sahara
d. bulan
e. mahsyar
8. ... akan nampak setelah Nabi Isa as. turun di menara Putih yang terletak di sebelah timur kota Damaskus di Syam (Syiria) dan membunuh Dajjal di gerbang Lod.
a. Dukhan
b. Imam mahdi
c. Ya’juj ma’juj
d. Jassasah
e. Al-qahtany
9. Jika kita lapar kemudian makan dan kenyang, jika kita mengantuk lalu tidur. Hal tersebut adalah contoh dari hukum ....
a. sunnatullah
b. sunnah nabawi
c. sunnah mu’akkad
d. sunnah qobliyah
e. sunnah ab’ad
10. إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ ... lengkapi ayat di samping ....
a. بِقَدَرٌ
b. بِقَدَرٍ
c. بِقَدَرَ
d. بِقَدَرْ
e. بِقَدَرِ
11. Menurut bahasa, nikah bermakna al-jam’u yang artinya, kecuali ....
a. mengabung
b. menyatukan
c. mencampur
d. menghimpun
e. mengumpulkan
Berikut ayat tentang nikah untuk menjawab soal nomor 12 dan 13:
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
12. Ayat di atas menerangkan tentang ... nikah.
a. dasar hukum
b. pengertian
c. hukum
d. tujuan
e. manfaat
13. Pada ayat di atas terdapat pada Q.S. ... ayat ....
a. Ar-Rum : 20
b. Ar-Rum : 21
c. An-Nisa : 20
d. An-Nisa : 21
e. An-nur : 20
14. Bagi orang yang tidak bisa memberi nafkah dan belum memiliki dorongan untuk menikah, maka hukum pernikahan bagi orang tersebut adalah ....
a. wajib
b. makruh
c. haram
d. mubah
e. sunnah
15. Bagi orang yang yang pada dasarnya belum memiliki dorongan untuk menikah dan tidak ada kekhawatiran jika tidak segera menikah akan terjerumus ke lembah perzinahan, maka hukum nikahnya adalah ....
a. haram
b. makruh
c. sunnah
d. wajib
e. mubah
16. Ikatan lahir batin antara seorang pria dengan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang Maha Esa, hal tersebut tercantum dalam UU negara no ....
a. 1 tahun 1975
b. 1 tahun 1974
c. 1 tahun 1977
d. 1 tahun 1979
e. 1 tahun 1971
17. Berdasarkan Q.S. An-Nisa (4):4 hukum bagi laki-laki memberikan mahar kepada pengantin perempuan adalah ....
a. haram
b. makruh
c. sunnah
d. wajib
e. mubah
18. Di bawah ini adalah syarat dan kriteria yang harus terpenuhi dalam mahar adalah, kecuali ....
a. sanggup menyerahkan
b. dapat di ketahui sifat dan jumlahnya
c. berupa sesuatu yang suci
d. beragama islam
e. milik suami
19. Talak yang menyebabkan suami tidak boleh kembali kepada istri meskipun dengan pernikahan baru, kecuali bisa istrinya tersebut telah menikah lagi dengan laki-laki lain, kemudian bercerai dan sudah habis pula masa idahnya disebut dengan istilah talak ....
a. muabbad
b. bain kubra
c. bain sugra
d. bid’i
e. sunni
20. أَبْغَضُ الْحَلَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى الطَّلَاق arti dari hadis di atas adalah ....
a. sebaik-baiknya perceraian adalah yang mengantarkan seseorang dekat dengan Allah
b. perceraian adalah sesuatu yang halal di hadapan Allah
c. perbuatan halal dan tidak dibenci Allah adalah perceraian
d. perceraian adalah sesuatu perbuatan yang halal untuk dilakukan
e. perbuatan halal akan tetapi paling dibenci oleh allah adalah perceraian
21. Wali yang mempunyai hubungan darah dengan perempuan yang akan dinikahkannya adalah wali ....
a. nasab
b. mahram
c. mujbir
d. mufti
e. hakim
22. Syarat pernikahan untuk pengantin perempuan adalah, kecuali ....
a. bukan perempuan musyrik
b. tidak dalam keadaan ihram haji atau umrah
c. tidak dalam masa idah
d. tidak dipaksa
e. tidak dalam ikatan nikah
23. Hikmah yang terkandung dalam pernikahan adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. bertambahnya rezeki
b. menjaga kebahagian jiwa bersama pasangan
c. melestarikan keturunan
d. membahagiakan keturunan
e. sarana pengemblengan jiwa
24. Khulu’ adalah istilah dalam pernikahan yang artinya adalah ....
a. istri yang menceraikan suami
b. talak yang diucapkan suami atas permintaan istri.
c. lepasnya ikatan perkawinan yang disebabkan kerusakan dalam akad nikah
d. suami yang menceraikan istri dengan talak tiga
e. istri yang setelah di cerai yang mendapat waktu untuk menikah kembali
25. Pernikahan yang dilakukan seseorang dengan maksud sekedar menjadi penghalal bagi kembalinya pasangan suami istri yang telah bercerai atau melakukan talak tiga kali. Hal tersebut adalah contoh dari nikah ....
a. syigar
b. muhalil
c. mut’ah
d. misyar
e. sirri
Ayat di bawah ini untuk menjawab soal nomor 26 dan 27:
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ ... يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ ... فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
a. dasar hukum
b. pengertian
c. hukum
d. tujuan
e. manfaat
13. Pada ayat di atas terdapat pada Q.S. ... ayat ....
a. Ar-Rum : 20
b. Ar-Rum : 21
c. An-Nisa : 20
d. An-Nisa : 21
e. An-nur : 20
14. Bagi orang yang tidak bisa memberi nafkah dan belum memiliki dorongan untuk menikah, maka hukum pernikahan bagi orang tersebut adalah ....
a. wajib
b. makruh
c. haram
d. mubah
e. sunnah
15. Bagi orang yang yang pada dasarnya belum memiliki dorongan untuk menikah dan tidak ada kekhawatiran jika tidak segera menikah akan terjerumus ke lembah perzinahan, maka hukum nikahnya adalah ....
a. haram
b. makruh
c. sunnah
d. wajib
e. mubah
16. Ikatan lahir batin antara seorang pria dengan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang Maha Esa, hal tersebut tercantum dalam UU negara no ....
a. 1 tahun 1975
b. 1 tahun 1974
c. 1 tahun 1977
d. 1 tahun 1979
e. 1 tahun 1971
17. Berdasarkan Q.S. An-Nisa (4):4 hukum bagi laki-laki memberikan mahar kepada pengantin perempuan adalah ....
a. haram
b. makruh
c. sunnah
d. wajib
e. mubah
18. Di bawah ini adalah syarat dan kriteria yang harus terpenuhi dalam mahar adalah, kecuali ....
a. sanggup menyerahkan
b. dapat di ketahui sifat dan jumlahnya
c. berupa sesuatu yang suci
d. beragama islam
e. milik suami
19. Talak yang menyebabkan suami tidak boleh kembali kepada istri meskipun dengan pernikahan baru, kecuali bisa istrinya tersebut telah menikah lagi dengan laki-laki lain, kemudian bercerai dan sudah habis pula masa idahnya disebut dengan istilah talak ....
a. muabbad
b. bain kubra
c. bain sugra
d. bid’i
e. sunni
20. أَبْغَضُ الْحَلَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى الطَّلَاق arti dari hadis di atas adalah ....
a. sebaik-baiknya perceraian adalah yang mengantarkan seseorang dekat dengan Allah
b. perceraian adalah sesuatu yang halal di hadapan Allah
c. perbuatan halal dan tidak dibenci Allah adalah perceraian
d. perceraian adalah sesuatu perbuatan yang halal untuk dilakukan
e. perbuatan halal akan tetapi paling dibenci oleh allah adalah perceraian
21. Wali yang mempunyai hubungan darah dengan perempuan yang akan dinikahkannya adalah wali ....
a. nasab
b. mahram
c. mujbir
d. mufti
e. hakim
22. Syarat pernikahan untuk pengantin perempuan adalah, kecuali ....
a. bukan perempuan musyrik
b. tidak dalam keadaan ihram haji atau umrah
c. tidak dalam masa idah
d. tidak dipaksa
e. tidak dalam ikatan nikah
23. Hikmah yang terkandung dalam pernikahan adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. bertambahnya rezeki
b. menjaga kebahagian jiwa bersama pasangan
c. melestarikan keturunan
d. membahagiakan keturunan
e. sarana pengemblengan jiwa
24. Khulu’ adalah istilah dalam pernikahan yang artinya adalah ....
a. istri yang menceraikan suami
b. talak yang diucapkan suami atas permintaan istri.
c. lepasnya ikatan perkawinan yang disebabkan kerusakan dalam akad nikah
d. suami yang menceraikan istri dengan talak tiga
e. istri yang setelah di cerai yang mendapat waktu untuk menikah kembali
25. Pernikahan yang dilakukan seseorang dengan maksud sekedar menjadi penghalal bagi kembalinya pasangan suami istri yang telah bercerai atau melakukan talak tiga kali. Hal tersebut adalah contoh dari nikah ....
a. syigar
b. muhalil
c. mut’ah
d. misyar
e. sirri
Ayat di bawah ini untuk menjawab soal nomor 26 dan 27:
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ ... يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ ... فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
26. Lengkapi ayat di atas ....
a. يَعِظُهُ dan وَاتَّبِعْ
b. يَعِظُهُ dan وَفِصَالُهُ
c. تُشْرِكَ dan يَعِظُهُ
d. تُشْرِكَ dan وَفِصَالُهُ
e. تُطِعْهُمَا dan يَعِظُهُ
27. Ayat di atas menerangkan tentang ....
a. berbakti kepada orang tua
b. berkata yang baik kepada orang tua
c. nasihat orang tua kepada ananya
d. orang tua yang harus sayang kepada anaknya
e. motivasi ayah kepada anaknya
28. Yang di maksud dengan Dzihar adalah ....
a. menyerupakan istri dengan ibunya
b. menceraikan istri
c. permohonan istri untuk diceraikan
d. rusaknya hubungan pernikahan
e. pelajaran suami terhadap istri
29. Syihabuddin Ibnu Ruslan adalah seorang ulama besar (753 H-844 H) dalam kitabnya Zubad, menerangkan bahwasanya kewajiban pertama bagi setiap insan adalah ....
a. akhlak
b. adab
c. keyakinan
d. fikih
e. amalan baik
30. Ibnu Katsir berpendapat bahwa nama panjang adalah Luqman ....
a. Al Hakim
b. Bin Zubair
c. Al Habsyi
d. Bin Unaqa’
e. Bin Sadun
31. رِضَا اللَّهِ فِي رِضَا الْوَالِدَيْنِ, ... اللَّهِ فِي ... الْوَالِدَيْنِ
Lanjutkan hadis di atas ....
a. وَسَخُطُ dan وَسَخَطِ
b. وَسَخَطِ dan وَسَخَطُ
c. سُخْطِ dan وَسُخْطُ
d. وَسَخَطُ dan وَسَخَطِ
e. وَسَخَطَ dan وَسَخَطِ
32. Arti kalimat “وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ” adalah ....
a. kenikmatan di atas kenikmatan
b. kesehatan di atas kesehatan
c. kepayahan di atas kepayahan
d. kesedihan di atas kesedihan
e. keburukan di atas keburukan
33. Kandungan dalam Q.S. Luqman : 13-14 memiliki kandungan isi, kecuali ....
a. perintah untuk bersyukur atas segala nikmat
b. penegasan Allah adalah tempat kembali
c. kewajiban anak berbakti kepada orang tua
d. saling menasehati
e. tidak menyekutukan Allah
34. Dalam Q.S. Luqman : 14 diterangkan bahwa perbuatan syirik merupakan ....
a. kesesatan yang dalam
b. kemunafikan yang nyata
c. kebohongan yang besar
d. kezaliman yang besar
e. kebodohan yang nyata
35. Dalam Q.S. Luqman berada pada urutan ke ....
a. 34
b. 31
c. 30
d. 35
e. 38
36. Arti kata “مِيْثاَقَ” adalah ....
a. bangunan
b. pemisah
c. kehidupan
d. kesepakatan
e. janji
37. “ bersikaplah kepada anak yatim, seperti ....” Lanjutkan artian hadis di atas ....
a. seorang bapak yang penyayang
b. seorng ibu yang penyabar
c. seorang kakak yang penyayang
d. seorang bapak yang memperhatikan
e. seorang ibu yang terpecaya
38. Orang-orang yang membangkang dalam Q.S. Al-Baqarah : 83 di sebut dengan istilah ....
a. مُعْرِضُونَ
b. تَشْهَدُونَ
c. وَتَكْفُرُونَ
d. يُنْصَرُونَ
e. تَقْتُلُونَ
39. Arti kata “وَذِي الْقُرْبَى” adalah ....
a. orang tua
b. anak
c. kerabat
d. sepupu
e. adik
40. Menurut salah satu pendapat, Luqman adalah seorang hakim yang bijaksana pada zaman Nabi ....
a. Sulaiman
b. Muhammad
c. Daud
d. Musa
e. Ismail
a. يَعِظُهُ dan وَاتَّبِعْ
b. يَعِظُهُ dan وَفِصَالُهُ
c. تُشْرِكَ dan يَعِظُهُ
d. تُشْرِكَ dan وَفِصَالُهُ
e. تُطِعْهُمَا dan يَعِظُهُ
27. Ayat di atas menerangkan tentang ....
a. berbakti kepada orang tua
b. berkata yang baik kepada orang tua
c. nasihat orang tua kepada ananya
d. orang tua yang harus sayang kepada anaknya
e. motivasi ayah kepada anaknya
28. Yang di maksud dengan Dzihar adalah ....
a. menyerupakan istri dengan ibunya
b. menceraikan istri
c. permohonan istri untuk diceraikan
d. rusaknya hubungan pernikahan
e. pelajaran suami terhadap istri
29. Syihabuddin Ibnu Ruslan adalah seorang ulama besar (753 H-844 H) dalam kitabnya Zubad, menerangkan bahwasanya kewajiban pertama bagi setiap insan adalah ....
a. akhlak
b. adab
c. keyakinan
d. fikih
e. amalan baik
30. Ibnu Katsir berpendapat bahwa nama panjang adalah Luqman ....
a. Al Hakim
b. Bin Zubair
c. Al Habsyi
d. Bin Unaqa’
e. Bin Sadun
31. رِضَا اللَّهِ فِي رِضَا الْوَالِدَيْنِ, ... اللَّهِ فِي ... الْوَالِدَيْنِ
Lanjutkan hadis di atas ....
a. وَسَخُطُ dan وَسَخَطِ
b. وَسَخَطِ dan وَسَخَطُ
c. سُخْطِ dan وَسُخْطُ
d. وَسَخَطُ dan وَسَخَطِ
e. وَسَخَطَ dan وَسَخَطِ
32. Arti kalimat “وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ” adalah ....
a. kenikmatan di atas kenikmatan
b. kesehatan di atas kesehatan
c. kepayahan di atas kepayahan
d. kesedihan di atas kesedihan
e. keburukan di atas keburukan
33. Kandungan dalam Q.S. Luqman : 13-14 memiliki kandungan isi, kecuali ....
a. perintah untuk bersyukur atas segala nikmat
b. penegasan Allah adalah tempat kembali
c. kewajiban anak berbakti kepada orang tua
d. saling menasehati
e. tidak menyekutukan Allah
34. Dalam Q.S. Luqman : 14 diterangkan bahwa perbuatan syirik merupakan ....
a. kesesatan yang dalam
b. kemunafikan yang nyata
c. kebohongan yang besar
d. kezaliman yang besar
e. kebodohan yang nyata
35. Dalam Q.S. Luqman berada pada urutan ke ....
a. 34
b. 31
c. 30
d. 35
e. 38
36. Arti kata “مِيْثاَقَ” adalah ....
a. bangunan
b. pemisah
c. kehidupan
d. kesepakatan
e. janji
37. “ bersikaplah kepada anak yatim, seperti ....” Lanjutkan artian hadis di atas ....
a. seorang bapak yang penyayang
b. seorng ibu yang penyabar
c. seorang kakak yang penyayang
d. seorang bapak yang memperhatikan
e. seorang ibu yang terpecaya
38. Orang-orang yang membangkang dalam Q.S. Al-Baqarah : 83 di sebut dengan istilah ....
a. مُعْرِضُونَ
b. تَشْهَدُونَ
c. وَتَكْفُرُونَ
d. يُنْصَرُونَ
e. تَقْتُلُونَ
39. Arti kata “وَذِي الْقُرْبَى” adalah ....
a. orang tua
b. anak
c. kerabat
d. sepupu
e. adik
40. Menurut salah satu pendapat, Luqman adalah seorang hakim yang bijaksana pada zaman Nabi ....
a. Sulaiman
b. Muhammad
c. Daud
d. Musa
e. Ismail