Contoh Soal PAS Akidah Akhlak Kelas 11 MA 2023/2024 dan Kunci Jawaban
Centralpendidikan.com - Contoh Soal PAS Akidah Akhlak MA Kelas 11 Semester 1 dibagikan dalam rangka menyambut penilaian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Akidah akhlak menjadi mapel wajib keagamaan untuk pendidikan madrasah, materinya disesuaikan berdasarkan KMA no 183 tahun 2019.
Selanjutnya, ujian PAS akan diberlangsungkan menggunakan PBT untuk sebagian sekolah. Penggunaan kertas akan mulai digunakan mengingat presentase pandemi yang semakin menurun.
Jadi, artikel ini bisa digunakan untuk menambah referensi digunakan bapak/ibu guru madrasah dalam pembuatan soal ujian Akidah Akhlak kelas 11 semester 1 tersebut.
PAS Akidah Akhlak atau Fiqih kami bagikan dalam dua variasi dokumen PDF (disertai kunci jawaban dan tanpa jawaban). Dengan jumlah keseluruhannya 75 butir lebih soal pilihan ganda.
Contoh Soal PAS Akidah Akhlak Kelas 11 MA 2023/2024 dan Kunci Jawaban
Kebanyakan butir soal ini kami ambil dari Arsip Ujian "PAS Akidah Akhlak Kelas 11 Semester 1" di tahun sebelumnya. Tentunya juga menyesuaikan pada kurikulum 2013 revisi, yang sampai sekarang masih tetap sama dengan sebelumnya.
File PDF + Jawaban kami letakkan di bawah soal berikut ini.
Selamat mengerjakan..
1. Pada masa Nabi Muhammad Saw. masih hidup, kerapkali terjadi perbedaan pemahaman terhadap suatu persoalan dikalangan para sahabat, tetapi mereka senantiasa.…kepada Nabi Saw
A. berkonsolidasi
B. berkompromi
C. berkonsultasi
D. bergainning
E. berijtihad
2. Persatuan umat Islam pada masa ke-Khalifahan, Abu Bakar Siddiq ra. dan Umar bin Khattab ra. masih bisa dipertahankan dan kokoh, karena mereka para Khulafa ar-Rasyidin dalam pemerintahannya….
A. terpengaruh keengganan sebagian umat Islam membayar zakat
B. terpengaruh kehadiran dan profokasi Abdullah bin Sa’ba
C. terpengaruh muncul ajaran Musailamah Al- Kadzab
D. komitmen mengikuti yang di contohkan Nabi Saw.
E. terpengaruh perang Yamamah
3. Di masa Nabi Saw para sahabat menerima satu bentuk ajaran yang terhindar dari perbedaan dan persanggahan. Keadaan ini dikenal dengan istilah....
A. liberalism
B. bipolitik
C. demokrasi
D. monopolitik
E. heteropolitik
4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pada masa Nabi Muhammad Saw. masih hidup, kerapkali terjadi perbedaan pemahaman terhadap suatu persoalan dikalangan para sahabat, tetapi mereka senantiasa.…kepada Nabi Saw
A. berkonsolidasi
B. berkompromi
C. berkonsultasi
D. bergainning
E. berijtihad
2. Persatuan umat Islam pada masa ke-Khalifahan, Abu Bakar Siddiq ra. dan Umar bin Khattab ra. masih bisa dipertahankan dan kokoh, karena mereka para Khulafa ar-Rasyidin dalam pemerintahannya….
A. terpengaruh keengganan sebagian umat Islam membayar zakat
B. terpengaruh kehadiran dan profokasi Abdullah bin Sa’ba
C. terpengaruh muncul ajaran Musailamah Al- Kadzab
D. komitmen mengikuti yang di contohkan Nabi Saw.
E. terpengaruh perang Yamamah
3. Di masa Nabi Saw para sahabat menerima satu bentuk ajaran yang terhindar dari perbedaan dan persanggahan. Keadaan ini dikenal dengan istilah....
A. liberalism
B. bipolitik
C. demokrasi
D. monopolitik
E. heteropolitik
4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Reformasi di bidang administratur pemerintahan;
2. Jajaran pemerintahan banyak dari keturunan Umaiyah;
3. Terdapat orang ketiga bernama Abdullah bin Saba’;
4. Reformasi kepemimpinan di daerah-daerah;
5. Banyak jajaran pemerintahan yang tidak amanah
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan pemicu munculnya “kegaduhan” masa terakhir kepemimpinan….
A. Abu Bakar Siddiq ra.
B. Umar bin Khattab ra
C. Utsman bin Affan ra.
D. Ali bin Abi Thalib kw.
E. Mu’awiyah bin Abi Sufyan
5. Ali bin Abi Thalib kw tampil sebagai Khalifah dalam suasana kekacauan politik. Bentuk kekacauan yang terjadi yang berujung arbitrase/Tahkim, adalah perang ….
A. Perang Jamal
B. Perang Siffin
C. Perang Yamamah
D. Perang Tabuk
E. Perang Khandak
6. Setelah terjadi Tahkim, kelompok Ali bin Abi Ṭālib kw. terpecah. Golongan yang tidak lagi setia kepada Ali bin Abi Ṭālib kw. dan bahkan membencinya adalah….
A. Syi’ah.
B. Murji’ah
C. Khawarij
D. Jabariah
E. Qadariyah
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini :
B. Umar bin Khattab ra
C. Utsman bin Affan ra.
D. Ali bin Abi Thalib kw.
E. Mu’awiyah bin Abi Sufyan
5. Ali bin Abi Thalib kw tampil sebagai Khalifah dalam suasana kekacauan politik. Bentuk kekacauan yang terjadi yang berujung arbitrase/Tahkim, adalah perang ….
A. Perang Jamal
B. Perang Siffin
C. Perang Yamamah
D. Perang Tabuk
E. Perang Khandak
6. Setelah terjadi Tahkim, kelompok Ali bin Abi Ṭālib kw. terpecah. Golongan yang tidak lagi setia kepada Ali bin Abi Ṭālib kw. dan bahkan membencinya adalah….
A. Syi’ah.
B. Murji’ah
C. Khawarij
D. Jabariah
E. Qadariyah
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini :
1. Kedaulatan Islam sudah mulai kokoh, sehingga umat Islam semakin leluasa untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran;
2. Masuknya pemeluk Islam yang berasal dari berbagai daerah yang masih membawa alam pikiran dari keyakinan sebelum memeluk Islam;
3. Umat Islam mulai tertarik untuk mendiskusikan masalah qadar (taqdir), begitu juga masalah istiṭha’ah (kemampuan seseorang melaksanakan sesuatu perbuatan);
4. Corak pemerintahan yang represif sehingga sebagian umat Islam bersikap apatis.
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan gambaran masa ke Khalifahan Bani Umayyah, yang mewarnai munculnya perdebatan di bidang ….
A. Akhlak
B. Akidah
C. Ibadah
D. Muamalah
E. Syari’ah
8. Pernyataan-pernyataan berikut merupakan hal yang dapat meminimalisir munculnya aliran kalam dalam Islam, kecuali ….
A. terjalin persaudaraan yang mesra dan akrab dikalangan umat Islam
B. kebijakan khalifah yang sama sekali tidak sesuai dengan kebutuhan umat
C. kebijakan khalifah dengan pengawasan dan sesuai dengan kebutuhan umat
D. segenap tenaga kaum muslimin dikerahkan untuk mengembangkan Islam
E. tertutupnya pintu munculnya fitnah dari yang berambisi mengganggu keamanan
9. Pernyataan yang bukan merupakan ciri aliran Khawarij adalah….
A. kekuatan politik yang mendukung Ali bin Abi Ṭālib kw. sa’at perang Siffin
B. memiliki pemikiran mu’min yang melakukan dosa besar dihukumi kafir
C. memiliki pemikiran mu’min yang melakukan dosa besar dihukumi fasik
D. aliran yang pertamaka kali muncul dalam Islam sa’at setelah terjadi Tahkim
E. kekuatan politik yang kecewa terhadap hasil Tahkim
10. Pada akhir masa pemerintahan Khulafa ar-Rasyidin terdapat aliran yang merupakan kelompok yang mengkultuskan Ali bin Abi Ṭālib kw.Aliran kalam dimaksud adalah….
A. Syi’ah.
B. Khawarij
C. Murji’ah
D. Jabariah
E. Qadariyah
11. Dari perjuangan politik tentang khilafah yang digagas Abdullah Bin Saba’pada masa ke-Khalifahan Utsman bin Affan ra, Kelompok Syi’ah berkembang menjadi aliran kalam yang memiliki ajaran pokok untuk pemimpinya. Diantara ajaran pokok Syi’ah untuk imam adalah Raj’ah artinya orang yang….
A. harus menjadi rujukkan dalam menentukan segala hal
B. tidak pernah melakukan dosa besar dan dosa kecil
C. diberi petunjuk oleh Allah
D. terjaga dari dosa
E. berjiwa suci
12. Aliran kalam Khawarij berpendapat bahwa orang mu’min yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi sebagai kafir. Dari hal tersebut muncul aliran kalam yang berpendapat bahwa mu’min yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi masih tetap mu’min. Aliran kalam dimaksud adalah….
A. Khawarij
B. Murji’ah
C. Mu’tazilah
D. Maturidiyah
E. Asy’Ariyah
13. Perseteruan kelompok Khawarij dan kelompok Mu’awiyah bin Abi Sufyan memunculkan kegaduhan politik pada ke-Khalifahan Mu’awiyah. Hal tersebut memicu munculnya pemikiran kelompok pemberani yang meyakini bahwa mereka di beri daya yang mutlak oleh Allah Swt untuk melawan situasi sesuai petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kelompok pemberani tersebut selanjutnya dikenal dengan aliran kalam ….
A. Asy’Ariyah
B. Jabariyah
C. Mu’tazilah
D. Qadariyah
E. Maturidiyah
14. Imbas dari Perseteruan kelompok Khawarij dan kelompok Mu’awiyah bin Abi Sufyan muncul juga kelompok aliran yang menyerah pada taqdir/fatalism, kelompok dimaksud adalah aliran kalam…
A. Qadariyah
B. Jabariyah
C. Murji’ah
D. Mu’tazilah
E. Maturidiyah
15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
A. Akhlak
B. Akidah
C. Ibadah
D. Muamalah
E. Syari’ah
8. Pernyataan-pernyataan berikut merupakan hal yang dapat meminimalisir munculnya aliran kalam dalam Islam, kecuali ….
A. terjalin persaudaraan yang mesra dan akrab dikalangan umat Islam
B. kebijakan khalifah yang sama sekali tidak sesuai dengan kebutuhan umat
C. kebijakan khalifah dengan pengawasan dan sesuai dengan kebutuhan umat
D. segenap tenaga kaum muslimin dikerahkan untuk mengembangkan Islam
E. tertutupnya pintu munculnya fitnah dari yang berambisi mengganggu keamanan
9. Pernyataan yang bukan merupakan ciri aliran Khawarij adalah….
A. kekuatan politik yang mendukung Ali bin Abi Ṭālib kw. sa’at perang Siffin
B. memiliki pemikiran mu’min yang melakukan dosa besar dihukumi kafir
C. memiliki pemikiran mu’min yang melakukan dosa besar dihukumi fasik
D. aliran yang pertamaka kali muncul dalam Islam sa’at setelah terjadi Tahkim
E. kekuatan politik yang kecewa terhadap hasil Tahkim
10. Pada akhir masa pemerintahan Khulafa ar-Rasyidin terdapat aliran yang merupakan kelompok yang mengkultuskan Ali bin Abi Ṭālib kw.Aliran kalam dimaksud adalah….
A. Syi’ah.
B. Khawarij
C. Murji’ah
D. Jabariah
E. Qadariyah
11. Dari perjuangan politik tentang khilafah yang digagas Abdullah Bin Saba’pada masa ke-Khalifahan Utsman bin Affan ra, Kelompok Syi’ah berkembang menjadi aliran kalam yang memiliki ajaran pokok untuk pemimpinya. Diantara ajaran pokok Syi’ah untuk imam adalah Raj’ah artinya orang yang….
A. harus menjadi rujukkan dalam menentukan segala hal
B. tidak pernah melakukan dosa besar dan dosa kecil
C. diberi petunjuk oleh Allah
D. terjaga dari dosa
E. berjiwa suci
12. Aliran kalam Khawarij berpendapat bahwa orang mu’min yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi sebagai kafir. Dari hal tersebut muncul aliran kalam yang berpendapat bahwa mu’min yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi masih tetap mu’min. Aliran kalam dimaksud adalah….
A. Khawarij
B. Murji’ah
C. Mu’tazilah
D. Maturidiyah
E. Asy’Ariyah
13. Perseteruan kelompok Khawarij dan kelompok Mu’awiyah bin Abi Sufyan memunculkan kegaduhan politik pada ke-Khalifahan Mu’awiyah. Hal tersebut memicu munculnya pemikiran kelompok pemberani yang meyakini bahwa mereka di beri daya yang mutlak oleh Allah Swt untuk melawan situasi sesuai petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kelompok pemberani tersebut selanjutnya dikenal dengan aliran kalam ….
A. Asy’Ariyah
B. Jabariyah
C. Mu’tazilah
D. Qadariyah
E. Maturidiyah
14. Imbas dari Perseteruan kelompok Khawarij dan kelompok Mu’awiyah bin Abi Sufyan muncul juga kelompok aliran yang menyerah pada taqdir/fatalism, kelompok dimaksud adalah aliran kalam…
A. Qadariyah
B. Jabariyah
C. Murji’ah
D. Mu’tazilah
E. Maturidiyah
15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1). Bermula dari ketidak setujuan tentang pendapat bahwa orang mu’min yang melakukan dosa besar dihukumi kafir;
2). Doktrin ajarannya dinamai Mabadi Al Khomsah;
3). Memperkaya wawasan keilmuan dengan tela’ah litelatur Yunani;
4). Terkenal sebagai aliran rasional.
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan keberadaan aliran kalam….
A. Qadariyah
B. Jabariyah
C. Mu’tazilah
D. Maturidiyah
E. Murji’ah
16. Dalam perseteruannya dengan kelompok Khawarij, Mu’awiyah Bin Abi Sufyan sebagai Khalifah yang berkuasa, untuk membenarkan tindakan politisnya berpendapat bahwa apa yang dilakukannya merupakan kehendak Allah. Hal ini mendapat kritik keras dari orang yang selanjutnya menjadi tokoh aliran kalam Qadariyah. Tokoh yang dimaksud adalah….
A. Ma’bad Al Jauhani dan Ghailan Ad Dimasqi
B. Washil Bin Atha’ dan Hasan Bashri
C. Abu Musa Al Asy’ari dan Al Mathuridy
D. Jahm Bin Shafwan dan Ghailan Ad Dimasqi
E. Zaid Bin Ali Bin Husain dan Talhal Bin Zubair
17. Dalam perkembangannya Syi’ah terbagi kedalam beberapa sekte, aliran Syi’ah yang ajarannya mendekati Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah….
A. Syi’ah Az Zaidiyah
B. Syi’ah Ghaliyah
C. Syi’ah As Saba’iyah
D. Syi’ah Khattabiyah
E. Syi’ah Al Ba’iyah
18. Dalam keberadaan dan perjuangannya, aliran kalam ini tidak mengakui ke-Khalifahan Abu Bakar Ash-Siddiq ra, Umar bin Khattab ra, dan Utsman bin Affan ra. Aliran Ilmu Kalam dimaksud adalah ….
A. Khawarij
B. Syi’ah.
C. Murji’ah
D. Jabariah
E. Qadariyah
19. Untuk melaut dan berharap mendapatkan ikan yang banyak para nelayan menunggu datangnya angin darat, begitu juga untuk bisa membawa hasil tangkapan ikannya ke darat para nelayan berharap menunggu datangnya angin Laut. Ini merupakan bukti bahwa Allah berkuasa menciptakan sesuatu dan manusia berkuasa untuk memperoleh kasb sesuatu perbuatan. Pernyataan ini merupakan doktrin aliran kalam….
A. Asy’ariyah
B. Maturidiyah
C. Mu’tazilah
D. Qadariyah
E. Syi’ah
20. Di suatu semak-semak, ditemukan se sosok mayat tergeletak. Setelah setelah diselidiki identitasnya mayat tersebut beragama Islam. Diisinyalir semasa hidupnya dia dikenal sebagai pemabuk, penjudi dan kerap melakukan curanmor. Di tempat tinggalnya warga tidak memperkenankan jenazahnya di semayamkan di Mesjid karena dianggap kafir. Ilustrasi kejadian tersebut menggambarkan implementasi ajaran ….
A. Asy A’riyah
B. Murji’ah
C. Mu’tazilah
D. Qadariyah
E. Khawarij
21. Aliran Mu’tazilah mengharuskan pengikutnya semasa hidup melakukan perbuatan fastabiqul khairot , karena bermohon pahala do’a dan kebaikan dari orang yang masih hidup sedangkan yang bersangkutan sudah meningal dunia itu adalah hal yang mustahil untuk bisa sampai. Pemahaman tersebut merupakan keyakinan ajaran mu’tazilah tentang….
A. A. At-Tauhid
B. Al-Adl
C. Al wa’ad wa al-Wa’id
D. Manzilah bainal Manzilatain
E. Amar ma’ruf nahyi munkar
22. Segala sesuatu yang memabukkan, apapun bahan mentahnya. Minuman yang berpotensi memabukkan bila diminum dengan kadar normal oleh seorang normal, maka minuman itu adalah khamr sehingga haram hukum meminumnya, baik diminum banyak maupun sedikit serta baik ketika ia diminum memabukkan secara faktual atau tidak. Pernyataan tersebut dikemukakan…
A. Ma’ruf Amin
B. K.H. Ali Yafie
C. Ibnu Qoyim
D. M. Quraish Shihab
E. Imam Al-Ghazali
23. Sebagai suatu kegiatan pertaruhan untuk memperoleh keuntungan dari hasil suatu pertandingan, permainan atau kejadian yang hasilnya tidak dapat diduga sebelumnya. Adalah pengertian….
A. berjudi
B mencuri
C. membunuh
D. uqud al-walidain
E. meminum khamr
24. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
A. Qadariyah
B. Jabariyah
C. Mu’tazilah
D. Maturidiyah
E. Murji’ah
16. Dalam perseteruannya dengan kelompok Khawarij, Mu’awiyah Bin Abi Sufyan sebagai Khalifah yang berkuasa, untuk membenarkan tindakan politisnya berpendapat bahwa apa yang dilakukannya merupakan kehendak Allah. Hal ini mendapat kritik keras dari orang yang selanjutnya menjadi tokoh aliran kalam Qadariyah. Tokoh yang dimaksud adalah….
A. Ma’bad Al Jauhani dan Ghailan Ad Dimasqi
B. Washil Bin Atha’ dan Hasan Bashri
C. Abu Musa Al Asy’ari dan Al Mathuridy
D. Jahm Bin Shafwan dan Ghailan Ad Dimasqi
E. Zaid Bin Ali Bin Husain dan Talhal Bin Zubair
17. Dalam perkembangannya Syi’ah terbagi kedalam beberapa sekte, aliran Syi’ah yang ajarannya mendekati Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah….
A. Syi’ah Az Zaidiyah
B. Syi’ah Ghaliyah
C. Syi’ah As Saba’iyah
D. Syi’ah Khattabiyah
E. Syi’ah Al Ba’iyah
18. Dalam keberadaan dan perjuangannya, aliran kalam ini tidak mengakui ke-Khalifahan Abu Bakar Ash-Siddiq ra, Umar bin Khattab ra, dan Utsman bin Affan ra. Aliran Ilmu Kalam dimaksud adalah ….
A. Khawarij
B. Syi’ah.
C. Murji’ah
D. Jabariah
E. Qadariyah
19. Untuk melaut dan berharap mendapatkan ikan yang banyak para nelayan menunggu datangnya angin darat, begitu juga untuk bisa membawa hasil tangkapan ikannya ke darat para nelayan berharap menunggu datangnya angin Laut. Ini merupakan bukti bahwa Allah berkuasa menciptakan sesuatu dan manusia berkuasa untuk memperoleh kasb sesuatu perbuatan. Pernyataan ini merupakan doktrin aliran kalam….
A. Asy’ariyah
B. Maturidiyah
C. Mu’tazilah
D. Qadariyah
E. Syi’ah
20. Di suatu semak-semak, ditemukan se sosok mayat tergeletak. Setelah setelah diselidiki identitasnya mayat tersebut beragama Islam. Diisinyalir semasa hidupnya dia dikenal sebagai pemabuk, penjudi dan kerap melakukan curanmor. Di tempat tinggalnya warga tidak memperkenankan jenazahnya di semayamkan di Mesjid karena dianggap kafir. Ilustrasi kejadian tersebut menggambarkan implementasi ajaran ….
A. Asy A’riyah
B. Murji’ah
C. Mu’tazilah
D. Qadariyah
E. Khawarij
21. Aliran Mu’tazilah mengharuskan pengikutnya semasa hidup melakukan perbuatan fastabiqul khairot , karena bermohon pahala do’a dan kebaikan dari orang yang masih hidup sedangkan yang bersangkutan sudah meningal dunia itu adalah hal yang mustahil untuk bisa sampai. Pemahaman tersebut merupakan keyakinan ajaran mu’tazilah tentang….
A. A. At-Tauhid
B. Al-Adl
C. Al wa’ad wa al-Wa’id
D. Manzilah bainal Manzilatain
E. Amar ma’ruf nahyi munkar
22. Segala sesuatu yang memabukkan, apapun bahan mentahnya. Minuman yang berpotensi memabukkan bila diminum dengan kadar normal oleh seorang normal, maka minuman itu adalah khamr sehingga haram hukum meminumnya, baik diminum banyak maupun sedikit serta baik ketika ia diminum memabukkan secara faktual atau tidak. Pernyataan tersebut dikemukakan…
A. Ma’ruf Amin
B. K.H. Ali Yafie
C. Ibnu Qoyim
D. M. Quraish Shihab
E. Imam Al-Ghazali
23. Sebagai suatu kegiatan pertaruhan untuk memperoleh keuntungan dari hasil suatu pertandingan, permainan atau kejadian yang hasilnya tidak dapat diduga sebelumnya. Adalah pengertian….
A. berjudi
B mencuri
C. membunuh
D. uqud al-walidain
E. meminum khamr
24. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1). Perbuatan orang mukallaf;
2).Mengambil harta orang lain secara sembunyi-sembunyi;
3). Harta yang diambil mencapai satu nishab (setara dengan harga 4,45 gr emas murni);
4). Harta di ambil dari tempat penyimpanannya;
5). Orang yang mengambil tidak mempunyai andil kepemilikan terhadap harta tersebut
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan definisi….
A. berjudi
B mencuri
C. membunuh
D. uqud al-walidain
E. meminum khamr
25. Korupsi berarti penyelewengan atau penggelapan (uang negara atau perusahaan) untuk kepentingan pribadi dan atau orang lain. Kata yang sepadan dengan kata korupsi, kecuali….
A. risywah
B. khiyānat
C. fasād
D. ghulūl
E. amanah
26. Tawuran antar pelajar dengan membawa senjata tajam kerapkali dapat mengakibatkan terjadinya ….
A. judi
B. pembunuhan
C. pencurian
D. mabuk-mabukan
E. LGBT
27. Efek berkepanjangan dari perilaku pembunuhan adalah....
A. dendam
B. namimah
C. dengki
D. iri
E. ghibah
28. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
A. berjudi
B mencuri
C. membunuh
D. uqud al-walidain
E. meminum khamr
25. Korupsi berarti penyelewengan atau penggelapan (uang negara atau perusahaan) untuk kepentingan pribadi dan atau orang lain. Kata yang sepadan dengan kata korupsi, kecuali….
A. risywah
B. khiyānat
C. fasād
D. ghulūl
E. amanah
26. Tawuran antar pelajar dengan membawa senjata tajam kerapkali dapat mengakibatkan terjadinya ….
A. judi
B. pembunuhan
C. pencurian
D. mabuk-mabukan
E. LGBT
27. Efek berkepanjangan dari perilaku pembunuhan adalah....
A. dendam
B. namimah
C. dengki
D. iri
E. ghibah
28. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
A. berjudi
B mencuri
C. .LGBT
D. membunuh.
E. memakan harta anak yatim
29. Liwaṭh atau sodomy adalah perbuatan dosa besar yang pernah dilakukan kaum Nabi Luth, azab Allah yang ditimpakann kepada pelaku liwath pada sa’at itu berupa….
A. badai yang membawa debu batu yang mengakibatkan mata mereka buta
B. satu suara yang mengguntur, memekakan pendengaran
C. banjir bandang yang sangat hebat sehingga mereka hanyut
D. ditenggelamkan didalam laut lepas sampai mereka binasa
E. angina kencang terus menerus sampai mereka binasa
30. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini :
B mencuri
C. .LGBT
D. membunuh.
E. memakan harta anak yatim
29. Liwaṭh atau sodomy adalah perbuatan dosa besar yang pernah dilakukan kaum Nabi Luth, azab Allah yang ditimpakann kepada pelaku liwath pada sa’at itu berupa….
A. badai yang membawa debu batu yang mengakibatkan mata mereka buta
B. satu suara yang mengguntur, memekakan pendengaran
C. banjir bandang yang sangat hebat sehingga mereka hanyut
D. ditenggelamkan didalam laut lepas sampai mereka binasa
E. angina kencang terus menerus sampai mereka binasa
30. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini :
1). Melanggar yang dilarang agama;
2). Memicu perbuatan jahat lainnya;
3). Terlarang melaksanakan ibadah sholat;
4). Menimbulkan gangguan mental organik
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan dampak negative dari perbuatan ….
A. berjudi
B mencuri
C. membunuh
D. meminum khamr
E. memakan harta anak yatim
31. Denkibul dikenal sebagai seorang curanmor, sebagai balasan perilakunya apabila tidak segera bertaubat adalah, kecuali….
A. mengalami kegelisahan batin takut perbuatanya terbongkar
B. hukuman sesuai undang-undang yang berlaku mengintai hidupnya
C. nama baik diri dan keluarganya tercemar di mata masyarakat
D. merusak keimanan, jika mati sebelum bertobat akan mendapat azab yang pedih.
E. melenggang tenang perbuatannya tidak mempengaruhi hidupnya
32. Rasulullah Saw bersabda yang artinya :”Barangsiapa yang meninggalkan shalat sekali karena mabuk maka seakan-akan dia memiliki dunia dan segala isinya lalu diambil paksa darinya. Dan barang siapa yang meninggalkan shalat empat kali karena mabuk maka hak Allah untuk memberi minuman tinah al-khabal (lumpur busuk). Ditanyakan kepada beliau “Apa tinah al-khabal itu?” Beliau menjawab, ‘Saripati (dari nanah dan darah) para penghuni neraka Jahannam”.Berdasarkan hadis riwayat Ahmad tersebut, kita harus keras berusaha menghindari….
A. melakukan sholat tidak tepat waktu
B. melalaikan melakukan shalat
C. mabuk-mabukan dan narkoba
D. mengambil hak orang lain
A. berjudi
B mencuri
C. membunuh
D. meminum khamr
E. memakan harta anak yatim
31. Denkibul dikenal sebagai seorang curanmor, sebagai balasan perilakunya apabila tidak segera bertaubat adalah, kecuali….
A. mengalami kegelisahan batin takut perbuatanya terbongkar
B. hukuman sesuai undang-undang yang berlaku mengintai hidupnya
C. nama baik diri dan keluarganya tercemar di mata masyarakat
D. merusak keimanan, jika mati sebelum bertobat akan mendapat azab yang pedih.
E. melenggang tenang perbuatannya tidak mempengaruhi hidupnya
32. Rasulullah Saw bersabda yang artinya :”Barangsiapa yang meninggalkan shalat sekali karena mabuk maka seakan-akan dia memiliki dunia dan segala isinya lalu diambil paksa darinya. Dan barang siapa yang meninggalkan shalat empat kali karena mabuk maka hak Allah untuk memberi minuman tinah al-khabal (lumpur busuk). Ditanyakan kepada beliau “Apa tinah al-khabal itu?” Beliau menjawab, ‘Saripati (dari nanah dan darah) para penghuni neraka Jahannam”.Berdasarkan hadis riwayat Ahmad tersebut, kita harus keras berusaha menghindari….
A. melakukan sholat tidak tepat waktu
B. melalaikan melakukan shalat
C. mabuk-mabukan dan narkoba
D. mengambil hak orang lain
E. mengundi nasib
33. Kaum Nabi Luth memiliki budi pekerti yang hina dan rendah, mereka meninggalkan ikatan pernikahan guna mendapatkan keturunan, serta perzinaan sejenis. Melihat kedurhakaannya itu, Allah Swt menurunkan azab yang pedih.Untuk menjaga agar tidak jatuh dalam perbuatan hina seperti yang dilakukan kaum Nabi Luth dan Istrinya, hal yang harus dilakukan seorang remaja, kecuali….
A. mengisi waktu dengan kegiatan positif
B. disiplin dan bertanggung jawab
C. terlena dalam bergaul
D. berhati-hati dalam bergaul
E. memilih teman yang baik
34. Istilah untuk pakaian dalam Al-Qur’an yaitu: libās, tsiyāb, dan sarabīl. Yang memiliki arti penutup sesuai fungsi pakaian adalah….
A. tsiyāb
B. libās
C. sarabīl
D. niqob
E. wara’i
35. Pakaian yang dipakai seseorang seyoginya harus memperhatikan bahan yang digunakan, sehingga berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan-kerusankan fisik karena gesekan, sinar ultra violet, kuman-kuman, panas, zat kimia. Dari paparan diatas maka pakaian memiliki pengertian….
A. tsiyāb
B. libās
C. abaya
D. niqob
E. wara’i
36. Pakaian selain untuk menutup aurat, juga digunakan untuk memperindah atau mempercantik pemakainya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah Swt….
A. QS. An-Nahl [16]: 81
B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59
C. QS. Al-A’rāf [7]: 32
D. QS. Al-A’rāf [7]: 172
E. QS. Al-Isra [17]: 33
37. Upaya setiap orang untuk memperindah diri dengan berbagai busana, hiasan ataupun yang lain dan dapat memperindah diri bagi pemakainya, sehingga memunculkan kesan indah bagi yang menyaksikan serta menambah rasa percaya diri. Pernyataan tersebut merupakan pengertian, kecuali….
A. berpakaian
B. berhias
C. bersolek
D. berdandan
E. bersahaja
38. Prinsip dasar Islam dalam berhias sebagaimana firman Allah Swt dalam….
A. QS. Al-A’rāf [7] : 31
B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59
C. QS. Al-A’rāf [7]: 32
D. QS. Al-A’rāf [7]: 172
E. QS. Al-Isra [17]: 33
39. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
33. Kaum Nabi Luth memiliki budi pekerti yang hina dan rendah, mereka meninggalkan ikatan pernikahan guna mendapatkan keturunan, serta perzinaan sejenis. Melihat kedurhakaannya itu, Allah Swt menurunkan azab yang pedih.Untuk menjaga agar tidak jatuh dalam perbuatan hina seperti yang dilakukan kaum Nabi Luth dan Istrinya, hal yang harus dilakukan seorang remaja, kecuali….
A. mengisi waktu dengan kegiatan positif
B. disiplin dan bertanggung jawab
C. terlena dalam bergaul
D. berhati-hati dalam bergaul
E. memilih teman yang baik
34. Istilah untuk pakaian dalam Al-Qur’an yaitu: libās, tsiyāb, dan sarabīl. Yang memiliki arti penutup sesuai fungsi pakaian adalah….
A. tsiyāb
B. libās
C. sarabīl
D. niqob
E. wara’i
35. Pakaian yang dipakai seseorang seyoginya harus memperhatikan bahan yang digunakan, sehingga berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan-kerusankan fisik karena gesekan, sinar ultra violet, kuman-kuman, panas, zat kimia. Dari paparan diatas maka pakaian memiliki pengertian….
A. tsiyāb
B. libās
C. abaya
D. niqob
E. wara’i
36. Pakaian selain untuk menutup aurat, juga digunakan untuk memperindah atau mempercantik pemakainya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah Swt….
A. QS. An-Nahl [16]: 81
B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59
C. QS. Al-A’rāf [7]: 32
D. QS. Al-A’rāf [7]: 172
E. QS. Al-Isra [17]: 33
37. Upaya setiap orang untuk memperindah diri dengan berbagai busana, hiasan ataupun yang lain dan dapat memperindah diri bagi pemakainya, sehingga memunculkan kesan indah bagi yang menyaksikan serta menambah rasa percaya diri. Pernyataan tersebut merupakan pengertian, kecuali….
A. berpakaian
B. berhias
C. bersolek
D. berdandan
E. bersahaja
38. Prinsip dasar Islam dalam berhias sebagaimana firman Allah Swt dalam….
A. QS. Al-A’rāf [7] : 31
B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59
C. QS. Al-A’rāf [7]: 32
D. QS. Al-A’rāf [7]: 172
E. QS. Al-Isra [17]: 33
39. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
A. haram
B. sunat
C. makruh
D. mubah
E. wajib
40. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1). Berjalan di sebelah kiri (menyesuaikan aturan negeri yang bersangkutan);
2). Jangan berkejar-kejaran di jalan, berteriak, dan sejenisnya;
3). Jangan mengganggu atau menghalangi pengguna jalan yang lain;
4). Jika menemukan benda berbahaya hendaklah diambil dan di buang di tempat sampah;
5). Jika ada trotoar, maka berjalanlah di trotoar.
Pernyataan diatas merupakan adab….
A. perjalanan
B. berjalan kaki
C. berkendaraan
E. rombongan
D. konvoy
41. Pak Ades adalah seorang peserta dalam kontenstasi pemilihan Kepala Daerah, beliau bertamu ke beberapa orang, termasuk kepada Pa Kadir seorang tokoh masyarakat. Yang paling tepat dari bertamunya pak Ades, nilai positif bertamu ….
A. sebagai usaha meyakinkan orang lain terhadap tujuan dan maksud tertentu.
B. mempertemukan persamaan ataupun kesesuaian,sehingga akan terjalin persahabatan dan kerjasama dalam menjalani kehidupan.
C. bertamu juga dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengokohkan kembali sillaturrahīm yang pernah retak.
D. bertamu juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi di suatu daerah yang terjadi konflik.
E. dengan bertamu seorang akan melakukan diskusi yang baik, sikap yang sportif dan elegan.
42. Prinsip dasar Islam dalam bertamu sebagaimana firman Allah Swt dalam….
A. QS. An-Nur [24]:27
B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59
C. QS. Al-A’rāf [7]: 32
D. QS. Al-A’rāf [7]: 172
E. QS. Al-Isra [17]: 33
43. Berikut adalah adab menerima tamu, kecuali….
A. berpakaian sopan.
B. terimalah tamu dengan sopan santun dan ramah-tamah.
C. mengucapkan Assalamu’alaikum dan mengetuk pintu
D. tunjukkan wajah yang berseri-seri, tanpa membedakan siapa tamu yang hadir.
E. wanita yang sendirian di rumah dilarang menerima tamu laki-laki.
44. Memberikan jaizah kepada tamu merupakan sesuatu yang….
A. haram
B. sunat
C. makruh
D. mubah
E. wajib
45. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
B. sunat
C. makruh
D. mubah
E. wajib
40. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1). Berjalan di sebelah kiri (menyesuaikan aturan negeri yang bersangkutan);
2). Jangan berkejar-kejaran di jalan, berteriak, dan sejenisnya;
3). Jangan mengganggu atau menghalangi pengguna jalan yang lain;
4). Jika menemukan benda berbahaya hendaklah diambil dan di buang di tempat sampah;
5). Jika ada trotoar, maka berjalanlah di trotoar.
Pernyataan diatas merupakan adab….
A. perjalanan
B. berjalan kaki
C. berkendaraan
E. rombongan
D. konvoy
41. Pak Ades adalah seorang peserta dalam kontenstasi pemilihan Kepala Daerah, beliau bertamu ke beberapa orang, termasuk kepada Pa Kadir seorang tokoh masyarakat. Yang paling tepat dari bertamunya pak Ades, nilai positif bertamu ….
A. sebagai usaha meyakinkan orang lain terhadap tujuan dan maksud tertentu.
B. mempertemukan persamaan ataupun kesesuaian,sehingga akan terjalin persahabatan dan kerjasama dalam menjalani kehidupan.
C. bertamu juga dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengokohkan kembali sillaturrahīm yang pernah retak.
D. bertamu juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi di suatu daerah yang terjadi konflik.
E. dengan bertamu seorang akan melakukan diskusi yang baik, sikap yang sportif dan elegan.
42. Prinsip dasar Islam dalam bertamu sebagaimana firman Allah Swt dalam….
A. QS. An-Nur [24]:27
B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59
C. QS. Al-A’rāf [7]: 32
D. QS. Al-A’rāf [7]: 172
E. QS. Al-Isra [17]: 33
43. Berikut adalah adab menerima tamu, kecuali….
A. berpakaian sopan.
B. terimalah tamu dengan sopan santun dan ramah-tamah.
C. mengucapkan Assalamu’alaikum dan mengetuk pintu
D. tunjukkan wajah yang berseri-seri, tanpa membedakan siapa tamu yang hadir.
E. wanita yang sendirian di rumah dilarang menerima tamu laki-laki.
44. Memberikan jaizah kepada tamu merupakan sesuatu yang….
A. haram
B. sunat
C. makruh
D. mubah
E. wajib
45. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
A. Siti Khadijah ra.
B. Zainab ra.
C. Raqqayah ra.
D. Ummu Kulsum ra
E. Fatimatuzzahra ra
46. Pernyataan yang bertentangan dengan sifat Sayyidah Fatimatuzzahra ra adalah….
A. bersahaja walaupun suami dan ayahnya seorang kepala pemerintahan
B. tidak banyak menuntut terhadap suami dan ayahnya
C. tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan
D. memiliki akhlak mulia
E. angkuh dan sombong
47. Keadaan rumah tangga Sayyidah Fatimatuzzahra ra. dan suaminya yang seorang Amirul Mu’minin adalah….
A. bergelimang harta
B. memanfa’atkan jabatan
C. menghalalkan segala cara
D. sederhana bahkan kerap kekurangan
E. kebutuhan keluarganya dikelola bawahannya
48. Nilai teladan yang patut ditiru dari Fatimatuzzahra ra. adalah….
A. memiliki kiprah dalam perjuangan da’wah
B. tidak banyak menuntut pada suami dan ayahnya
C. wanita berakhlak mulia, penyabar dan bersahaja
D. tidak memanfa’atkan ke takziman umat untuk kepentingan dirirnya
E. memanfa’atkan tenaga dan kemampuan orang lain untuk kepentingannya
49. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
A. Umar bin Khattab ra
B. Ali bin Abi Thalib kw
C. Abdurrahman bin ‘Auf
D. Abu Dzar Al-Ghifary
E. Uwais Al-Qorny
50. Nilai teladan yang patut ditiru dari Uwais Al-Qorny adalah….
A. hormat, ta’at dan penuh perhatian pada ibunya
B. hidup tetap bahagia walaupun dalam kemiskinan
C. ujian hidup diterima dengan keikhlasan dan berusaha keras
D. meminta imbalan kepada Umar Bin Khattab ra karena beliau telah dibantu
E. tidak memanfa’atkan kekuasaan Khalifah walau beliau telah membantunya
B. Zainab ra.
C. Raqqayah ra.
D. Ummu Kulsum ra
E. Fatimatuzzahra ra
46. Pernyataan yang bertentangan dengan sifat Sayyidah Fatimatuzzahra ra adalah….
A. bersahaja walaupun suami dan ayahnya seorang kepala pemerintahan
B. tidak banyak menuntut terhadap suami dan ayahnya
C. tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan
D. memiliki akhlak mulia
E. angkuh dan sombong
47. Keadaan rumah tangga Sayyidah Fatimatuzzahra ra. dan suaminya yang seorang Amirul Mu’minin adalah….
A. bergelimang harta
B. memanfa’atkan jabatan
C. menghalalkan segala cara
D. sederhana bahkan kerap kekurangan
E. kebutuhan keluarganya dikelola bawahannya
48. Nilai teladan yang patut ditiru dari Fatimatuzzahra ra. adalah….
A. memiliki kiprah dalam perjuangan da’wah
B. tidak banyak menuntut pada suami dan ayahnya
C. wanita berakhlak mulia, penyabar dan bersahaja
D. tidak memanfa’atkan ke takziman umat untuk kepentingan dirirnya
E. memanfa’atkan tenaga dan kemampuan orang lain untuk kepentingannya
49. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
A. Umar bin Khattab ra
B. Ali bin Abi Thalib kw
C. Abdurrahman bin ‘Auf
D. Abu Dzar Al-Ghifary
E. Uwais Al-Qorny
50. Nilai teladan yang patut ditiru dari Uwais Al-Qorny adalah….
A. hormat, ta’at dan penuh perhatian pada ibunya
B. hidup tetap bahagia walaupun dalam kemiskinan
C. ujian hidup diterima dengan keikhlasan dan berusaha keras
D. meminta imbalan kepada Umar Bin Khattab ra karena beliau telah dibantu
E. tidak memanfa’atkan kekuasaan Khalifah walau beliau telah membantunya
Diharapkan artikel Contoh Soal PAS Akidah Akhlak Kelas 11 MA 2023/2024 dan Kunci Jawaban bermanfaat untuk pengunjung sekalian.