Latihan Soal PAT Al Quran Hadits Kelas X MA Tahun 2023 Semester 2
Contoh Latihan Soal PAT Al Quran Hadits Kelas 10 MA Tahun 2023 Semester 2. Berikut ini adalah lembar ujian Penilaian Akhir Tahun atau PAT Kelas 10 semester genap di mata pelajaran Al Quran Hadits (Keagamaan) Kurikulum 2013 Revisi disertai kunci jawaban.
Materi Penilaian Akhir Tahun Al Quran Hadits atau Qurdist kelas 10 diselaraskan berdasarkan KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) serta jenis soal HOTS berbentuk pilihan ganda.
Selanjutnya, naskah soal PAT MA Al Quran Hadits Kelas 10 ini dapat Bapak/Ibu guru gunakan untuk referensi dalam penyusunan PAT Al Quran Hadits X Madrasah Aliyah sesuai jadwal penyelenggaraan ujian semi daring di masa pandemi Covid-19.
Latihan Soal PAT Al Quran Hadits Kelas X MA Tahun 2023 Semester 2
Selamat mengerjakan..
(Full PDF dan Jawaban di akhir artikel - lampiran)
Direkomendasikan untuk mengunduh file, karena pemformatan bahasa arab yang berantakan.
1. Secara etimologi, kata hadis mempunyai beberapa arti, di antaranya adalah .…
A. Perintah
B. Aturan
C. Dekat
D. Acara
E. Lama
2. Segala sesuatu yang ditetapkan oleh Nabi SAW yang tidak terkait dengan masalah-masalah fardu dan wajib adalah pengertian hadis menurut …
A. Ahli Usul Fikih
B. Ahli Kalam
C. Ulama Tabiin
D. Ahli Fikih
E. Ahli Hadis
3. Sunnah secara etimologi memiliki beberapa arti. Yang bukan merupakan arti sunnah secara etimologi adalah ….
A. Cara
B. Tradisi
C. Jalan yang ditempuh
D. Baru
E. Ketetapan
4. Menurut ahli hadis bahwa perbedaan hadis dengan sunnah adalah….
A. Sunnah lebih luas pengertiannya dari hadis
B. Hadis dan sunnah sama saja
C. Sunnah hanya khusus pada nabi muhammad SAW.
D. Hadis lebih kuat dari sunnah
E. Hadis bisa disandarkan pada selain nabi muhammad SAW.
5. Kata asar secara etimologi mempunyai arti ….
A. Do’a
B. Barang bekas
C. Sesuatu yang baru
D. Debu
E. Sisa dari sesuatu
6. Ahli hadis mendefinisikan khabar adalah ….
A. Suatu berita yang berasal dari ulama hadis
B. Suatu berita yang khusus dari sahabat nabi
C. Suatu berita yang hanya mengandung hukum
D. Suatu berita yang diterima dari sahabat dan tabiin
E. Suatu berita yangditerima dari Nabi Muhammad SAW., sahabat dan tabiin
A. Perintah
B. Aturan
C. Dekat
D. Acara
E. Lama
2. Segala sesuatu yang ditetapkan oleh Nabi SAW yang tidak terkait dengan masalah-masalah fardu dan wajib adalah pengertian hadis menurut …
A. Ahli Usul Fikih
B. Ahli Kalam
C. Ulama Tabiin
D. Ahli Fikih
E. Ahli Hadis
3. Sunnah secara etimologi memiliki beberapa arti. Yang bukan merupakan arti sunnah secara etimologi adalah ….
A. Cara
B. Tradisi
C. Jalan yang ditempuh
D. Baru
E. Ketetapan
4. Menurut ahli hadis bahwa perbedaan hadis dengan sunnah adalah….
A. Sunnah lebih luas pengertiannya dari hadis
B. Hadis dan sunnah sama saja
C. Sunnah hanya khusus pada nabi muhammad SAW.
D. Hadis lebih kuat dari sunnah
E. Hadis bisa disandarkan pada selain nabi muhammad SAW.
5. Kata asar secara etimologi mempunyai arti ….
A. Do’a
B. Barang bekas
C. Sesuatu yang baru
D. Debu
E. Sisa dari sesuatu
6. Ahli hadis mendefinisikan khabar adalah ….
A. Suatu berita yang berasal dari ulama hadis
B. Suatu berita yang khusus dari sahabat nabi
C. Suatu berita yang hanya mengandung hukum
D. Suatu berita yang diterima dari sahabat dan tabiin
E. Suatu berita yangditerima dari Nabi Muhammad SAW., sahabat dan tabiin
7. Sunnah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi SAW baik perkataan maupun perbuatan beliau, sedangkan hadis hanya khusus mengenai perbuatan beliau adalah menurut pendapat ….
A. Ibnul Humam D. Ahli Fikih
B. Dr. Taufiq E. Ahli Ushul
C. Ahli Hadis
8. Secara garis besar persamaan antara sunnah dan hadis adalah ….
A. Keduanya merupakan perbuatan Nabi SAW
B. Keduanya merupakan perkataan Nabi SAW.
C. Keduanya merupakan taqrir Nabi SAW.
D. Keduanya bersumber kepada Nabi SAW.
E. Keduanya terkadang bersumber dari selain Nabi SAW
9. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan hadis, sunnah, khabar dan asar adalah ….
A. Sunnah lebih luas dari pada hadis
B. Hadis lebih luas daripada sunnah
C. Khabar selain dinisbahkan ke nabi SAW dapat juga dinisbahkan kepada sahabat dan tabiin
D. Khabar lebih umum daripada hadis
E. Asar lebih sering digunakan untuk sebutan bagi perkataan sahabat
10. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan perbedaan Al-Qur’an dengan hadis nabi adalah ….
A. Al-Qur’an diturunkan bahasa dan maknanya dari Allah sedang hadis dari Nabi.
B. Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan maknanya saja, hadis boleh.
C. Al-Qur’an baik lafaz dan maknanya merupakan mu’jizat, hadis bukan mu’jizat
D. Al-Qur’an diturunkan melalui perantara Jibril, hadis melalui mimpi Nabi.
E. Membaca Al-Qur’an bernialai ibadah dan berpahala, membaca hadis tidak.
11. Dari segi bahasa سَنَدٌ dapat diartikan ….
A. الْمُعْتَمَدُ
B. اَلدِّرَايَةُ
C. اَلْمَتْنُ
D. اَلرِّوَايَةُ
E. اَلرَّأْيُ
12.الطريق الموصل الى المتن
Terjemahan ungkapan di atas yang paling tepat adalah ….
A. Cara hadis sampai dibukukan
B. Jalan mencari hadis
C. Jalan mencari isi hadis
D. Jalan yang menyampaikan kepada matan hadis
E. Isi pokok hadis
13.عن محمد عن ابى سلمة عن ابي هريرة ان النبي صلى الله عليه وسلم قال: لولا ان اشق على امتي لاامرتهم بالسواك عند كل صلاة (رواه الترمذي)
Yang disebut matan adalah ….
A. عن محمد عن ابي سلمة عن ابي هريرة ان النبي صلى الله عليه وسلم قال
B. لولا ان اشق على امتي لا مرتهم بالسواك عند كل صلاة
C. رواه الترمذى
D. عن محمد
E. ان النبي صلى الله عليه وسلم قال
14. Orang yang memindahkan hadis dari seorang guru (syaikh) kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadis disebut ….
A. Matan
B. Hadis
C. Sanad
D. Sunnah
E. Rawi
15. Pengertian dabit adalah ….
A. setiap hari mengingat hadis yang dihafalkan
B. mempunyai daya ingat yang kuat
C. mempunyai perhatian terhadap hafalan hadis
D. mempunyai daya konsentrasi yang tinggi
E. tidak mudah percaya pada orang lain
16. Ulama’ yang pertama menyusun kitab perawi hadis secara singkat, adalah ….
A. Imam Muslim
B. Imam Tirmidzi
C. Imam Bukhari
D. Imam Ahmad
E. Imam Maliki
17. Orang yang menerangkan sanad suatu hadis disebut .....
A. Isnad
B. Musnid
C. Musnad
D. Masnud
E. Atsary
18. Mata rantai para rawi saling menyandarkan berita kepada gurunya dan menghubungkannya sampai ke matan hadis disebut ....
A. Sanad D. Matan
B. Perawi E. Mukharrij
C. Muhaddis
19. Sanad memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah ....
A. memberikan kesempatan rawian hadis
B. memberikan kemudahan para rawian hadis dalam meriwayatkannya
C. mempertanggungjawabkan kebenaran atau kesahihan hadis
D. mempersulit rawian hadis
E. memperketat para rawi hadis
20. Ilmu yang membahas para perawi hadis disebut ....
A. Ilmu Hadis
B. Ilmu Matan Hadis
C. Ilmu Rawi Hadis
D. Ilmu Atsar Hadis
E. Ilmu Rijalul Hadis
21. Pada umumnya para ulama mengklasifikasikan bentuk sunnah menjadi tiga, yaitu ….
A. qauliyah, fi’liyah dan taqririyah
B. muakkad, qauliyah dan gairu qauliyah
C. fi’liyah, hammiyah dan taqririyah
D. taqririyah, qauliyah dan gairu qauliyah
E. qauliyah, fi’liyah dan sam’iyah
22. Yang dimaksud dengan sunnah qauliyah adalah ….
A. Komentar dan tanggapan yang diberikan Nabi Muhammad SAW.
B. Pengawasan syariat Islam yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.
C. Petunjuk Nabi Muhammad SAW. Yang berkaitan dengan syariat Islam
D. Ucapan Nabi Muhammad SAW. Yang berhubungan dengan syariat Islam
E. Isyarat yang diberikan kepada Nabi SAW. Berkaitan dengan syariat Islam
23. Nabi Muhammad SAW. mencontohkan tata cara shalat, haji dan puasa. Hal itu dikategorikan sebagai sunnah ….
A. Qauliyah
B. Fi’liyah
C. Sifatiyah
D. Khuluqiyah
E. Taqririyah
24. Penggunaan kata-kata كان\يكون atau رأيت\رأيناdalam hadis Nabi merupakan karakteristik sunnah ….
A. Qauliyah
B. Fi’liyah
C. Sifatiyah
D. Hammiyah
E. Taqririyah
25. Dari bermacam-macam sunnah tersebut, yang menempati urutan pertama, yang kualitasnya paling tinggi adalah sunnah ….
A. Hammiyah D. Fi’liyah
B. Sifatiyah E. Qauliyah
C. Taqririyah
26. Suatu perbuatan yang dikehendaki Nabi SAW tetapi belum sempat dikerjakan disebut sunnah ….
A. Qauliyah D. Taqririyah
B. Fi’liyah E. Sifatiyah
C. Hammiyah
27. Terjemahan dari hadis berikut adalah ….
صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي.
A. Berdo’alah kalian sebagaimana melihat aku berdo’a
B. Ambillah manasik dariku
C. Shalatlah kalian seperti kalian melihat aku shalat
D. Shalatlah kalian karena shalat tiang agama
E. Shalatlah kalian sebelum kalian dishalati
28.صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي.
Rawi Hadis di atas adalah ….
A. Bukhari D. Tirmizi
B. Muslim E. Nasa’i
C. Bukhari dan Muslim
29. Perintah untuk melaksanakan puasa sunnah pada tanggal 9 Muharram merupakan isyarat dari sunnah ….
A. Qauliyah D. Hammiyah
B. Fi’liyah E. Sifatiyah
C. Taqririyah
30. Sahabat Nabi Muhammad SAW. yang mewakili sahabat menanyakan memakan daging biawak (dab) adalah …
A. Khalid ibn Mughirah D. Abdullah ibn Abbas
B. Abdullah ibn mas’ud E. Khalid ibn Walid
C. Abdullah ibn Umar
31. Ulama’ hadis sulit sekali membedakan antara hadis Shahih dan Hasan dan di kalangan ahli hadis pada umumnya hanya membedakan pada sisi ….
A. Ke dabitan para rawinya
B. Keadilan rawinya
C. Ketegasan rawinya
D. Status sosial rawinya
E. Istiqomah rawinya
32. Hadis dari satu segi dapat ditinjau dari dua sisi yaitu sisi kuantitasnya dan kualitasnya. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan pada sisi kuantitasnya adalah .....
A. melihat dari sisi kandungan hadis
B. mengkaji dari sisi sejarahnya
C. mengkaji suatu hadis dari sisi banyaknya rawi
D. melihat dari sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
E. melihat pada sisi sanat dan matan hadis
33. Hadis dari satu segi dapat ditinjau dari dua sisi yaitu sisi kuantitasnya dan kualitasnya. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan pada sisi kualitasnya adalah .....
A. Mengkaji suatu hadis dari sisi banyaknya rawi
B. Melihat dari sisi kandungan hadis
C. Mengkaji dari sisi sejarahnya
D. Melihat dari sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
E. Melihat pada sisi sanat dan matan hadis
34. Di bawah ini adalah salah satu pokok pikiran yang terdapat pada definisi Hadis Mutawatir …..
A. rawinya dari para sahabat yang terpilih dan terjaga hafalannya
B. jumlah rawinya banyak dan mereka mustahil sepakat untuk berdusta
C. rawi dari generasi tabi’in bertemu dengan sahabat minimal sudah baligh
D. rawi yang meriwayatkan hadis semua harus laki-laki
E. jumlah Tingkatan pada sahabat minimal dua orang
35. Imam Syafi’i berpendapat bahwa sebuah hadis dapat dikatagorikan sebagai hadis mutawatir apabila jumlah rawi pada tiap tingkatan minimal…..
A. 4 orang
B. 5 orang
C. 20 orang
D. 40 orang
E. 100 orang
36. Jumhur Ulama’ bersepakat bahwa hukum menggunakan dan mempercayai hadis mutawatir adalah…..
A. Mubah D. Sunnah
B. Jaiz E. Mustahabbah
C. Wajib
37. Yang disebut Hadis mutawatir adalah apabila suatu hadis diriwayatkan oleh .....
A. Banyak rawi
B. Satu rawi
C. Dua rawi
D. Minimal dua rawi
E. imam bukhari, imam muslim dan abu daud
38. Salah satu jenis hadis ahad adalah hadis masyhur. adapun hadis masyhur adalah yang diriwayatkan oleh … rawi
A. Satu D. Empat
B. Dua E. Lima
C. Tiga
39. Hadis yang menjadi shahih karena ada riwayat lain atau keterangan lain yang menguatkan disebut hadis ….
A. Shahih Lizatihi
B. Hasan
C. Hasan Ligairihi
D. Shahih
E. Shahih Li Ghairihi
40. Apabila anda menjumpai sebuah hadis dan setelah anda teliti ternyata hanya diriwayatakan oleh hanya satu orang rawi saja maka hadis tersebut dakatagorikan sbagai hadis .....
A. Masyhur D. Dha’if
B. Aziz E. Garib
C. Shahih
Essay
1. Terjemahkan ayat diatas !
2. Jelaskan isi kandungan Q.S Al-An’ am : 162-163 di atas !
3. Jelaskan pengertian ikhlas ?
4. Jelaskan perbedaan antara sum’ah dan riya’
5. Jelaskan isi kandungan Q.S. Al-Bayyinah di atas !
- Latihan Soal PAT Al Quran Hadits Kelas X MA dan Kunci Jawaban, UNDUH
Demikian artikel tentang Latihan Soal PAT Al Quran Hadits Kelas X MA Tahun 2023 Semester 2. Semoga bermanfaat..