Contoh Soal PAT Animasi 2D dan 3D Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru
Centralpendidikan.com - Halo siswa SMK, melalui artikel ini kami akan membagikan Berkas Pendidikan berupa Contoh Soal PAT Animasi 2D dan 3D Kelas 11 SMK jurusan MM (Multimedia) Semester 2 (Genap) tahun pelajaran 2022/2023 sesuai kisi - kisi mata pelajaran bengkel yang dipelajari siswa.
Berkas ini diperlukan bapak/ibu guru pengajar sebagai referensi dalam penyusunan lembar ujian Penilaian Akhir Tahun di mapel Animasi 2D dan 3D Kelas 11. Sedangkan bagi siswa cocok digunakan sebagai bahan belajar agar mendapatkan nilai terbaik di kegiatan evaluasi tahunan tersebut.
Selanjutnya, untuk perincian dokumennya adalah 2 Paket Soal PAT Animasi 2D dan 3D Kelas 11, gambaran dokumen, serta kunci jawaban yang kami letakkan di lampiran.
Contoh Soal PAT Animasi 2D dan 3D Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru
Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru dan siswa kelas XI yang ingin mendownload Soal PAT Animasi 2D dan 3D Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban silahkan menyimak artikel di bawah ini.
File PDF + Jawaban di akhir artikel.
Selamat mengerjakan..
1. Fungsi utama perangkat lunak Flash adalah untuk ...
a. Menggambar
b. Laporan
c. Fotografi
d. Menghitung
e. Animasi
2. Animasi untuk mengubah posisi objek adalah ...
a. Shape Tween
b. Tweening
c. Motion Tween
d. Animation
e. Movement Tween
3. Kumpulan objek di FLASH biasanya disimpan di ...
a. Files
b. Libary
c. Drawers
d. layers
e. Folders
4. untuk membuat animasi pergerakan objek, biasanya dengan tahapan ...
a. klik kanan – create motion tween
b. klik kanan – Motion Tween - Create Animation
c. klik kanan – create animation tween
d. klik kanan – Insert Frame - Create Animation
e. klik kanan – Tween – Create Animation
5. CW pada FLASH singkatan dari ...
a. Clock Wise
b. Counter Wide
c. CeWek
d. Celebrity Windows
e. Clock Wide
6. erakan animasi yang dapat diterapkan dalam Motion Tween adalah sebagai berikut ...
a. Skala
b. Transparasi
c. Rotasi
d. Warna
e. Posisi
7. Tombol yang digunakan untuk menjalankan FLASH yang kita buat adalah ...
a. Shift – Enter
b. Spasi & Enter
c. Alt & Enter
d. Enter
e. Ctrl – Enter
8. File yang terbentuk ketika kita merekam tugas FLASH berekstensi ...
a. .gif
b. .exe
c. .swf
d. .html
e. fla
9. File FLASH yang dapat langsung dijalankan tanpa harus membuka program FLASH adalah file yang berekstensi ...
a. .fla
b. .gif
c. .html
d. .exe
e. .swf
10. Suatu frame kosong dimana didalamnya tidak ada objek disebut ...
a. Frame Set
b. Kanvas
c. Keyfframe
d. Time Line
e. Blank Keyframe
11. Suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie flash disebut ...
a. Kanvas
b. Layer
c. Payhead
d. Keyframe
e. Frame
12. Teks pada flash terdiri atas tiga tipe, yaitu; kecuali ...
a. Left teks
b. Dinamic teks
c. Input teks
d. Scroll
e. Static teks
13. Warna yang menggunakan gambar untuk mengisi fill pada suatu objek disebut ...
a. Warna mixer
b. Warna bitmap
c. Warna fill
d. Warna stroke
e. Warna balance
14. Media tempat penyimpanan objek-objek yang telah kita jadikan simbol maupun objek-objek yang kita impor dari file lain disebut ...
a. Library
b. Place
c. Layer
d. Frame
e. Simbol
15. Yang bukan Jenis file yang digunakan pada flash yaitu ...
a. .doc
b. .fla
c. .swf
d. .flv
e. .avi
16. Fungsi Lasso tools pada software flash adalah …
a. Membuat gradasi warna dengan efek yang memukau
b. Menyeleksi object yang bentuknya tidak beraturan
c. Membuat transisi object dari satu tempat ke tempat lain
d. Menggambar object yang mudah
e. Menggambar object yang sulit
17. Keuntungan Animasi Motion Tween dibandingkan dengan Frame by Frame adalah, kecuali …
a. Lebih cepat
b. Bisa menghilangkan object
c. Lambat
d. Mampu mengubah bentuk object
e. Mengubah komposisi suara object dengan efek mp3
18. Pada saat kita menekan COMMAND+ENTER, file animasi yang dihasilkan berekstensi …
a. .fla
b. .ppt
c. .exe
d. .swf
e. .docx
19. Menu yang tidak terdapat pada Flash adalah …
a. Symbol
b. sheet
c. Layer
d. Frame
e. Stage
20. Salah satu cara untuk menghindari dua shape yang saling tumpang tindih adalah …
a. Tidak meletakkan object pada satu tempat
b. Memberikan warna yang berbeda agar tidak tercampur
c. Semua jawaban salah
d. Membuat object yang berbeda sehingga mudah dibedakan
e. Memisahkan dua shape ke dalam dua layer yang berbeda
21. Kumpulan objek di FLASH biasanya disimpan di, kecuali ...
a. Scene
b. Folders
c. Libary
d. stage
e. Directory
22. File yang terbentuk ketika kita merekam tugas FLASH berekstensi, kecuali ...
a. .xlsx
b. .fla
c. .swf
d. .avi
e. .flv
23. File FLASH yang dapat langsung dijalankan tanpa harus membuka program FLASH adalah file yang berekstensi ...
a. .fla
b. .jpeg
c. .swf
d. .gif
e. .exe
24. Suatu frame kosong dimana didalamnya tidak ada objek disebut ...
a. Frame Set
b. Files
c. Kanvas
d. Keyfframe
e. Blank Keyframe
25. Suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie flash disebut ...
a. Payhead
b. Keyframe
c. Layer
d. Frame
e. Files
26. Teks pada flash terdiri atas tiga tipe, yaitu; kecuali ...
a. Static teks
b. Input teks
c. Left teks
d. Kanvas teks
e. Scroll
27. Warna yang menggunakan gambar untuk mengisi fill pada suatu objek disebut ...
a. Warna fill
b. Warna bitmap
c. Warna stroke
d. Warna Vektor
e. Warna mixer
28. Simbol yang berfungsi untuk membuat animasi tersendiri dan tidak tergantung pada time line utama disebut .
a. Movie clip
b. Files
c. Library
d. Graphic
e. Button
29. Simbol yang berfungsi untuk membuat tombol sehingga user dapat berinteraksi disebut ...
a. Movie clip
b. Graphic
c. Files
d. Library
e. Button
30. Simbol yang berfungsi sebagai dasar untuk membuat objek dapat beranimasi disebut..
a. Files
b. Button
c. Library
d. Movie clip
e. Graphic
31. Panel untuk mengatur simbol yang akan digunakan untuk keperluan pembuatan animasi di sebut …..
a. Stage
b. Property Inspector Panel
c. Library Panel
d. Menu Bar
e. Timeline
32. Untuk menambah layer pada timeline layer adalah dengan mengklik gambar nomor …..
a. 1
b. 4
c. 5
d. 3
e. 2
33. Cara menambah frame adalah …..
a. Delete > Frame
b. Insert > Timeline Effects > Frame
c. Insert > Timeline > Frame
d. Insert > Frame
e. Insert > Frame > Frame
34. …….. adalah frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage.
a. Select all frames
b. Keyframe
c. Frame
d. Blank Keyframe
e. Convert to keyframes
35. Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
a. Control > Test
b. Control > Movie
c. Control > Debug Movie
d. Control > Test Scane
e. Control > Test Movie
36. Subselection tool digunakan untuk….
a. Mengubah warna objek.
b. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
c. Mengubah warna stage.
d. Membuka properties pada sebuhaobjek.
e. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer.
37. Shortcut Ctrl+S merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Membuat tulisan (text tool)
b. Melakukan konversi objek.
c. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi
d. Menyimpan File.
e. Mengubah warna stage.
38. Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a. Ctrl + Shift + V
b. F9
c. F6
d. Enter
e. F5
39. Brush tool digunakan untuk !
a. merusak gambar
b. menduplikat gambar
c. memanipulasi gambar
d. menggambar isi (fill)
e. menggambar pinggiran gambar
40. tool yang digunakan untuk membuat seleksi dengan dengan bentuk seperti yang disediakan adalah ?
a. pen tool
b. slice tool
c. marque tool
d. lasso tool
e. magic wand tool
41. Free Transform tools digunakan untuk………..
a. memanipulasi gambar
b. menggambar isi (fill)
c. menggambar pinggiran gambar
d. menduplikat gambar
e. mengubah bentuk objek
42. Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
a. Control > Debug Movie
b. Control > Movie
c. Control > Test Movie
d. Control > Test
e. Control > Test Scane
43. Subselection tool digunakan untuk….
a. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer.
b. Membuka properties pada sebuhaobjek.
c. Mengubah warna stage.
d. Mengubah warna objek.
e. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
44. Shortcut Ctrl+C merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
b. Mengubah bentuk objek.
c. Mengubah warna stage.
d. Menyalin objek
e. Melakukan konversi objek.
45. Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a. Ctrl + Shift + V
b. F9
c. F5
d. Enter
e. F6
46. tempat dimana tool-tool dari photoshop yang digunakan untuk menggambar adalah ?
a. Palette
b. Menu
c. Tool bar
d. Tool Option
e. ToolBox
47. Bagian adjust yang terdapat pada meu image digunakan untuk ?
a. Merubah bentuk gambar
b. Mengganti menu gambar
c. Mengganti objek
d. Mengganti gambar
e. Memanipulasi pewarnaan
48. Program adobe photoshop sangat baik untuk membuat desain grafis dalam bentuk ?
a. Bitmap
b. Bnp
c. Cur
d. Canvas
e. Vektor
49. Brush tool digunakan untuk !
a. menduplikat gambar
b. memanipulasi gambar
c. merusak gambar
d. menggambar pinggiran gambar
e. menggambar isi (fill)
50. Shortcut Ctrl+I merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Melakukan konversi objek.
b. Membuat tulisan (text tool)
c. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
d. Mengubah warna stage.
e. Mengimport object
b. 4
c. 5
d. 3
e. 2
33. Cara menambah frame adalah …..
a. Delete > Frame
b. Insert > Timeline Effects > Frame
c. Insert > Timeline > Frame
d. Insert > Frame
e. Insert > Frame > Frame
34. …….. adalah frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage.
a. Select all frames
b. Keyframe
c. Frame
d. Blank Keyframe
e. Convert to keyframes
35. Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
a. Control > Test
b. Control > Movie
c. Control > Debug Movie
d. Control > Test Scane
e. Control > Test Movie
36. Subselection tool digunakan untuk….
a. Mengubah warna objek.
b. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
c. Mengubah warna stage.
d. Membuka properties pada sebuhaobjek.
e. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer.
37. Shortcut Ctrl+S merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Membuat tulisan (text tool)
b. Melakukan konversi objek.
c. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi
d. Menyimpan File.
e. Mengubah warna stage.
38. Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a. Ctrl + Shift + V
b. F9
c. F6
d. Enter
e. F5
39. Brush tool digunakan untuk !
a. merusak gambar
b. menduplikat gambar
c. memanipulasi gambar
d. menggambar isi (fill)
e. menggambar pinggiran gambar
40. tool yang digunakan untuk membuat seleksi dengan dengan bentuk seperti yang disediakan adalah ?
a. pen tool
b. slice tool
c. marque tool
d. lasso tool
e. magic wand tool
41. Free Transform tools digunakan untuk………..
a. memanipulasi gambar
b. menggambar isi (fill)
c. menggambar pinggiran gambar
d. menduplikat gambar
e. mengubah bentuk objek
42. Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
a. Control > Debug Movie
b. Control > Movie
c. Control > Test Movie
d. Control > Test
e. Control > Test Scane
43. Subselection tool digunakan untuk….
a. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer.
b. Membuka properties pada sebuhaobjek.
c. Mengubah warna stage.
d. Mengubah warna objek.
e. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
44. Shortcut Ctrl+C merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
b. Mengubah bentuk objek.
c. Mengubah warna stage.
d. Menyalin objek
e. Melakukan konversi objek.
45. Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a. Ctrl + Shift + V
b. F9
c. F5
d. Enter
e. F6
46. tempat dimana tool-tool dari photoshop yang digunakan untuk menggambar adalah ?
a. Palette
b. Menu
c. Tool bar
d. Tool Option
e. ToolBox
47. Bagian adjust yang terdapat pada meu image digunakan untuk ?
a. Merubah bentuk gambar
b. Mengganti menu gambar
c. Mengganti objek
d. Mengganti gambar
e. Memanipulasi pewarnaan
48. Program adobe photoshop sangat baik untuk membuat desain grafis dalam bentuk ?
a. Bitmap
b. Bnp
c. Cur
d. Canvas
e. Vektor
49. Brush tool digunakan untuk !
a. menduplikat gambar
b. memanipulasi gambar
c. merusak gambar
d. menggambar pinggiran gambar
e. menggambar isi (fill)
50. Shortcut Ctrl+I merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Melakukan konversi objek.
b. Membuat tulisan (text tool)
c. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
d. Mengubah warna stage.
e. Mengimport object
Diharapkan Contoh Soal PAT Animasi 2D dan 3D Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru bermanfaat untuk tenaga didik dan siswa sekalian.