Skip to main content

Kisi-Kisi STS I Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Kisi-Kisi STS I Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka
STS atau Sumatif Tengah Semester merupakan salah satu kegiatan penilaian yang diselenggarakan satuan pendidikan di pertengahan semester ganjil (1). Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengukur capaian belajar siswa berdasarkan KKTP yang telah ditetapkan guru kelas di mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Dikarenakan masih minimnya referensi penyusunan kisi-kisi kurikulum merdeka yang terdapat dalam lingkup daring, maka dari itu di artikel ini kami akan membagikan Kisi-Kisi STS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka, yang tentunya dapat di akses dan diunduh secara gratis.

Tenaga Pendidik diwajibkan menyusun kisi - kisi sesuai dengan materi yang telah diajarkan kepada siswa kelas 1, Tahap selanjutnya, dokumen tersebut dipakai sebagai acuan dalam pembuatan naskah soal STS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1

File isi kisi Sumatif Tengah Semester Ganjil Bahasa Indonesia ini dibagikan dalam format yang bisa dikembangkan, yaitu microsoft word. Bapak/ibu guru dapat mengeditnya kembali dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan lingkungan belajar masing-masing.

Selain itu, berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada kurikulum merdeka ini Guru diberikan kebebasan untuk berinovasi dan mengatur standar materi pada kisi kisi sumatif bahasa indonesia kelas 1 semester 1. Disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan peserta didik agar lebih efektif untuk tercapainya KKTP yang telah ditetapkan.

Kisi-Kisi STS I Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Kisi-Kisi STS I Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka


Pembaruan sistem pendidikan Kurikulum Merdeka memiliki fokus pada peran serta guru dan satuan pendidikan. Kompetensi dalam mengimplementasikan penilaian berupa Sumatif Tengah Semester (STS) Ganjil.

Selain hal tersebut, pembaruan juga terdapat pada penamaan istilah ujian. STS (Sumatif Tengah Semester) telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun sesuai kurikulum yang digunakan. Perkembangannya dimulai dari UTS, PTS, dan sekarang untuk Implementasi Kurikulum Merdeka menjadi STS.

Memahami dan menerapkan semua pembaruan dalam penerapan IKM tidak sedikit waktu yang dibutuhkan. Diperlukan berbagai langkah dan usaha agar tenaga pendidik siap dengan segalanya agar kegiatan STS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 1 terlaksana dengan apik. 


Akses yang mudah dalam mengunduh dokumen menjadi prioritas CentralPendidikan saat ini. Google Drive menjadi pilihan cloud storage yang kami gunakan, karena mayoritas guru sudah mengetahui tata cara penggunaannya.

Selanjutnya, bagi bapak/ibu guru yang ingin mendapatkan file Kisi-kisi STS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1, dapat mengunduhnya melalui tautan yang kami sediakan di bawah ini. 
  • Kisi-kisi STS 1 Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka  (docx), Download
Demikian artikel tentang Kisi-Kisi STS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka. Semoga tujuan pendidikan dalam pelaksanaan kegiatan penilaian STS ganjil dapat dicapai secara efisien dan efektif, yang memungkinkan siswa dapat menuntaskan KKTP yang telah ditetapkan sebelumnya.

Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.